Find Us On Social Media :

Misteri Narapidana yang Dijuluki Man in the Iron Mask Terungkap Setelah 350 Tahun

By Ade Sulaeman, Rabu, 10 Mei 2017 | 21:30 WIB

Misteri Narapidana yang Dijuluki Man in the Iron Mask Terungkap Setelah 350 Tahun

Intisari-Online.com - Sebuah misteri di Perancis yang ‘gelap’ selama 350 tahun akhirnya terungkap.

Misteri yang dikenal sebagai ‘Man in the Iron Mask’ ini terungkap lewat sebuah buku yang ditulis Paul Sonnino, seorang profesor sejarah di University of California, Santa Barbara.

Sonnino mengklaim telah menemukan identitas sebenarnya dari naripada yang tak pernah melepaskan topengnya sejak masuk penjara pada 1669.

Sang napi dikurung dalam penjara di Bastille dan beberapa penjara Perancis lainnya selama tiga dekade, sampai dia meninggal pada 1703.

(Baca juga: Cara Penjara Norwegia Cegah Narapidananya Kembali Lakukan Kejahatan Ini Bisa Dicontoh Indonesia)

Namun, satu hal yang menarik adalah, tidak ada yang mengetahui siapa sebenarnya narapidana tersebut.

Apalagi, sang narapidana juga terus menyembunyikan wajahnya menggunakan topeng yang terbuat dari besi.

Cerita misteri ini bahkan sempat dipopulerkan di tahun 1998 lewat film "The Man in the Iron Mask," yang dibintangi Leonardo DiCaprio.

Misteri ini juga pernah coba diungkap oleh banyak ahli, bahkan oleh filsuf terkenal Voltaire dan penulis Alexandre Dumas.

Namun, sejarawan mengabaikan teori yang dipopulerkan oleh Voltaire dan Dumas bahwa pria bertopeng adalah saudara kembar dari Louis XIV.

"Mereka [sejarawan] cukup banyak menyepakati bahwa sosok tersebut adalah Eustache Dauger, bahwa ia hanya sesekali mengenakan topeng dan bahwa masker tersebut terbuat dari beludru, bukan besi," kata Sonnino dalam sebuah pernyataan.