Find Us On Social Media :

Profil Han Kang, Pengarang Korea Selatan yang Dianugerahi Hadiah Nobel Sastra 2024

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 11 Oktober 2024 | 13:41 WIB

Han Kang menjadi orang Korea Selatan pertama yang mendapatkan Hadiah Nobel Sastra.

Han Kang menjadi orang Korea Selatan pertama yang mendapatkan Hadiah Nobel Sastra. Mulai dikenal di Indonesia lewat The Vegetarian.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Penerima Hadiah Nobel 2024 sudah diumumkan. Salah satu yang mencuri perhatian adalah peraih Hadiah Nobel Sastra, yang tahun 2024 ini jatuh kepada penulis Korea Selatan, Han Kang.

Mengutip Kompas.ID, alasan pemberian Hadiah Nobel kepada wanita kelahiran November 1970 itu adalah prosa puitisnya yang intens yang bisa menghadapi trauma sejarah dan mengungkap kerapuhan kehidupan manusia. Untuk itu, Han Kang berhak mendapatkan hadiah dari Akademi Swedia sebesar 11 juta krona Swedia (sekitar Rp16,5 miliar).

Han Kang, mengutip pernyataan Anders Olsson, ketua Komite Nobel, "Memiliki kesadaran unik akan hubungan antara tubuh dan jiwa, yang hidup dan yang mati, dan dengan gaya puitis dan eksperimentalnya telah menjadi inovator dalam prosa kontemporer."

Han Kang, yang tak menyangka dirinya mendapatkan hadiah bergengsi itu, menjadi orang Korea Selatan pertama yang memenangkan hadiah Nobel Sastra. 

Han Kang memulai kariernya dalam dunia sastra pada 1993 dengan penerbitan sejumlah puisi di majalah Literature and Society. Debut prosanya terjadi pada 1995 ketika dia menerbitkan kumpulan cerpen Love of Yeosu. The Vegetarian membuat namanya kian melejit.

Mengutip Kompas.com, wanita berusia 53 tahun itu menjadi favorit banyak pihak menjelang pengumuman tersebut, termasuk penulis China Can Xue. Juga para kandidat lainnya seperti Ngugi Wa Thiong'o dari Kenya, Gerald Murnane dari Australia, dan Anne Carson dari Kanada.

Hadiah sastra merupakan hadiah Nobel yang paling mudah diakses oleh banyak orang dan, karenanya, pilihan-pilihan Akademi disambut dengan pujian dan kritik, sering kali dalam kadar yang sama.

Secara umum, Han Kang adalah manusia ke-117 yang menerima Hadiah Nobel Sastra, yang pertama diberikan pada 1901. Selain itu, Han Kang adalah perempuan ke-18 yang menerima hadiah ini. Dan dia, seperti disebut di awal, adalah Korea Selatan pertama yang menerima Nobel Sastra.