Find Us On Social Media :

Tragedi Battle of Bramal Lane Ketika Sosok Wasit Memicu Kerusuhan di Lapangan

By Afif Khoirul M, Jumat, 11 Oktober 2024 | 12:20 WIB

Tragedi Battle of Bramal Lane pada tahun 2002.

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-online.com - Sepakbola, olahraga yang mempertontonkan keindahan gerakan, strategi, dan semangat juang, terkadang dinodai oleh keputusan kontroversial yang mengundang amarah dan kekecewaan.

Salah satu insiden yang terukir dalam sejarah kelam sepakbola Inggris adalah "Battle of Bramall Lane," sebuah pertandingan yang seharusnya menjadi ajang adu taktik dan keahlian, namun berubah menjadi arena kekacauan akibat keputusan kontroversial sang pengadil lapangan.

Pada tanggal 16 Maret 2002, di bawah langit Sheffield yang mendung, Sheffield United menjamu West Bromwich Albion dalam lanjutan Divisi Satu Liga Inggris.

Bramall Lane, stadion bersejarah kebanggaan The Blades, dipenuhi oleh lautan manusia yang haus akan hiburan sepakbola.

Namun, takdir berkata lain. Pertandingan yang awalnya berjalan normal berubah menjadi mimpi buruk, menorehkan luka yang mendalam dalam ingatan para pemain dan penggemar kedua kesebelasan.

Wasit Andrew Jeffries, sosok yang seharusnya menjadi penjaga keadilan di lapangan hijau, justru menjadi pemicu malapetaka. Keputusannya yang kontroversial, diwarnai oleh dugaan ketidakberpihakan, membawa pertandingan menuju jurang kekacauan.

Babak pertama berjalan relatif tenang, kedua tim saling jual beli serangan, namun tak ada gol yang tercipta. Tensi pertandingan mulai meningkat di babak kedua.

Pada menit ke-63, insiden yang menjadi titik awal malapetaka pun terjadi. Striker West Bromwich Albion, Scott Dobie, terjatuh di kotak penalti Sheffield United setelah berduel dengan George Santos. Wasit Jeffries, tanpa ragu, menunjuk titik putih, menghadiahkan penalti bagi The Baggies.

Keputusan Jeffries sontak memicu protes keras dari para pemain Sheffield United. Mereka merasa Dobie telah melakukan diving, berpura-pura terjatuh untuk mendapatkan keuntungan.

Namun, protes mereka tak digubris Jeffries. Andy Johnson, algojo West Bromwich Albion, dengan tenang mengeksekusi penalti, membawa timnya unggul 1-0.