Find Us On Social Media :

Indonesia Berduka, Ekonom Faisal Basri Meninggal Dunia Usia 65 Tahun

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 5 September 2024 | 10:30 WIB

Ekonom Faisal Basri meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Mayapada, Kuningan, pada usia 65 tahun. Selamat jalan, Bang Faisal.

Ekonom Faisal Basri meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Mayapada, Kuningan, pada usia 65 tahun. Selamat jalan, Bang Faisal.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Indonesia sedang berduka. Salah satu ekonomo hebat yang pernah dimiliki negara ini, Faisal Basri, meninggal dunia pada usia 65 tahun. Pria yang gemar mengenakan topi pet itu mengembuskan napas terakhir pada Kamis (5/9) pukul 03.50 WIB di Rumah Sakit (RS) Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Iya, ikami sudah menerima infonya," ujar Yustinus Prastowo, staf khusus Menteri Keunangan, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com.

Jenazah Faisal Basri disemayamkan di rumah duka di Kompleks Gudang Peluru Blok A 60, Jakarta Selatan. Info pemakaman ba’da Ashar dari Mesjid Az Zahra, Gudang peluru, Tebet, Jakarta Selatan, begitu ujar pihajk keluarga.

Baca Juga: Innalillahi, Pengamat Militer Salim Said Meninggal Dunia Di Usia 80 Tahun

Riwayat singkat

Faisal Basri lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 6 November 1959. Ayahnya Hasan Basri Batubara, ibunya Saidah Nasution. Pamannya adalah orang terkenal dan bahkan pernah menjadi Wakip Presiden Indonesia, namanya Adam Malik.

Masa-masa pendidikan Faisal dihabiskan di SMA Negeri 3 Jakarta dan Program Studi S-1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Selama menjadi mahasiswa, Faisal aktif di berbagai kegiatan kampus, salah satunya ketika terlibat dalam gejolak melawan Normalisasi Kegiatan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BKK) era Orde Baru.

Setelah menamatkan S-1, Faisal Basri melanjutkan studinya ke Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Ia lulus dari universitas ini pada 1988 dengan gelar magister of arts (MA).