Find Us On Social Media :

Siapa Leo Tolstoy yang Silfester Matutina Mengaku Sudah Membaca Karya-karyanya Sejak SD?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 4 September 2024 | 12:02 WIB

Dalam sebuah perdebatan dengan Rocky Gerung, Silfester Matutina mengaku sudah membaca karya-karya Leo Tolstoy sejak SD. Siapa sosok Leo Tolstoy?

Dalam sebuah perdebatan dengan Rocky Gerung, Silfester Matutina mengaku sudah membaca karya-karya Leo Tolstoy sejak SD. Siapa sosok Leo Tolstoy?

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Nama Leo Tolstoy tiba-tiba banyak disebut di media sosial. Hulunya adalah sebuah video perdebatan antara Silfester Matutina dan Rocky Gerung pada sebuah acara Talkshow bertajuk "Rakyat Bersuara" yang tayang di iNews.

Di situ Silfester, yang tak lain adalah Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) yang merupakan salah satu organisasi relawan Jokowi, mengaku sudah membaca Tolstoy sejak masih SD, tapi agak gelagapan saat ditanya balik oleh Rocky tentang buku Tolstoy yang mana yang dia baca. Barangkali banyak dari kita yang belum mengenal sosok sastrawan Rusia itu. Majalah Intisari pernah menuliskannya dengan judul "Leo Tolstoi sebagai Insan dan Sastrawan".

Ini cuplikannya untuk Anda:

----

"LEO TOLSTOY SEBAGAI INSAN DAN SASTRAWAN'

Barangkali sudah banyak di antara kita yang telah melihat film War and Peace yang diadopsi dari novel karya Leo Tolstoy. Count (bangsawn Rusia) Leo N. Tolstoi seorang bangsawan pemilik tanah yang luas, cinta kepada kesusastraan dan terlebih cinta kepada kemanusiaan yang tercermin pada rakyat.

Tidak banyak yang tahu bahwa pujangga yang sanggup menghasilkan karya agung itu dalam hidup sehari-harinya merupakan seorang yang rendah hati suka bergaul dengan siapa pun. Pada zaman Tsar tidak mudah kita cari seorang Count yang mau bergaul dengan petani-petani miskin, dengan hubungan persaudaraan yang diikat oleh rasa harga menghargai. Namun Tolstoy termasuk ke dalam golongan yang sukar kita cari itu.

Tidak segan-segan dia turun tangan menolong membebatkan luka si sakit, memberi makan kepada mereka yang lapar serta memberi hiburan kepada mereka yang ditimpa duka nestapa. Hatinya mudah tersentuh jika dia melihat si kaya menistakan si miskin. Dan tidak segan-segan ia membela si miskin dalam menghadapi si kaya itu.