Find Us On Social Media :

Apa Arti Penting Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia dan Rakyatnya?

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 1 September 2024 | 10:04 WIB

Apa arti penting kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?

Artikel ini tentang apa arti penting kemerdekaan bagi bangsa Indonesia? Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Beragam usaha dilakukan para pendiri bangsa untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia. Mulai dari perjuangan secara fisik hingga perjuangan nonfisik yang berwujud dalam bentuk-bentuk pergerakan politik dan diplomasi.

Apa arti penting kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?

Bertahun-tahun Indonesia dijajah bangsa asing, mulai dari Portugis, Inggris, Belanda, hingga Jepang. Selama kurun waktu itu rakyat Indonesia menghadapi penderitaan dan kesengsaraan akibat dimanfaatkan negara-negara penjajah untuk memenuhi kepentingannya.

Keadaan demikian memicu bangkitnya keinginan rakyat Indonesia untuk memperjuangkan hak-haknya, serta terbebas dari kesengsaraan dan kesewenang-wenangan bangsa penjajah.

Baca Juga: Peran PBB Dalam Upaya Penyelesaian Konflik Antara Indonesia dan Belanda

Dalam perjalanan merebut kemerdekaan, rakyat Indonesia dari berbagai golongan dan daerah harus menjadi korbannya. Segala pengorbanan bangsa akhirnya terbayar dengan dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Kemerdekaan Indonesia terwujud dalam bentuk dibacanya teks proklamasi pada 17 Agustus 1945 oleh Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan merupakan sebuah pernyataan merdeka dan lepas dari segala bentuk penjajahan.

Melalui proklamasi kemerdekaan yang dideklarasikan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945, Indonesia ingin mengatakan bahwa bangsa dan negara Indonesia sejajar dengan negara-negara lain sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.