Find Us On Social Media :

Bagaimana Peta Pikiran Dapat Membantu Dalam Proses Pemecahan Masalah?

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 25 Agustus 2024 | 11:00 WIB

Artikel ini akan menjawabn pertanyaan bagaimana peta pikiran dapat membantu dalam proses pemecahan masalah? Semoga bermanfaat.

Artikel ini akan menjawabn pertanyaan bagaimana peta pikiran dapat membantu dalam proses pemecahan masalah? Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Ketika dihadapkan pada sebuah persoalan dalam sebuah organisasi, kita dituntut untuk bisa memecahkannya. Salah satunya item yang biasanya digunakan adalah mind mapping atau atau peta konsep atau peta pikiran.

Pertanyaann: Bagaimana peta pikiran dapat membantu dalam proses pemecahan masalah?

Mengutip Gramedia.com, Mind Mapping merupakan alat berpikir organisasional yang memudahkan seseorang dalam menempatkan berbagai informasi di dalam ingatannya untuk kemudian mengambil informasi tersebut kapanpun dia butuhkan.

Baca Juga: Definisi Pendidikan dan Pengajaran Menurut Ki Hadjar Dewantara: Menyelami Filosofi Pendidikan Berpusat pada Anak

Secara garis besar, Mind mapping adalah teknik penyusunan catatan demi membantu seseorang menggunakan seluruh potensi otak agar optimum. Caranya, menggabungkan kerja otak bagian kiri dan kanan. Metode ini mempermudah memasukkan informasi dari dalam otak.

Masih dari sumber yang sama, peta konsep atau peta pikiran adalah teknik yang paling baik dalam membantu proses berpikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi otak. Dengan metode mind mapping akan meningkatkan daya ingat seseorang hingga 78%.

Peta pikiran, atau mind mapping, dapat membantu dalam proses pemecahan masalah dengan cara-cara berikut:

- Memprioritaskan aspek penting