Find Us On Social Media :

Bagaimana Penerapan Pancasila dalam Konteksi Kehidupan Berbangsa?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 21 Agustus 2024 | 09:46 WIB

Begitulah penjelasan bagaimana penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa, semoga bermanfaat.

Artikel ini akan memberi penjelasan bagaimana penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa, semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Tak sekadar sebagai dasar negara, Pancasila juga berpesan sebagai falsafah kehidupan masyarakat Indonesia. Lalu bagaimana penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa?

Mengutip Bobo.ID, Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, panca yang artinya lima dan sila yang artinya prinsip atau dasar. Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang digali dari nilai dan tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara dijadikan pedoman hidup bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali. Artinya, Pancasila bukan sekadar dihafalkan, tapi nilai-nilainya harus juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu penerapan Pancasila yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkannya di kehidupan berbangsa. Kembali ke pertanyaan awal, bagaimana penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa?

Baca Juga: Bagaimana Penerapan Pancasila sebagai Dasar Negara pada Masa Awal Kemerdekaan

Penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa adalah implementasi nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan tujuan Pancasila, yakni menciptakan kehidupan yang aman dalam berbangsa dan bernegara.

Pada kenyataannya, penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa tidak selalu dilakukan. Ada beberapa masyarakat yang menerapkan Pancasila dengan baik, namun ada juga yang tidak.

Tidak diterapkannya nilai Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa ini disebabkan oleh beberapa tantangan. Berikut ini penjelasan contoh dan tantangan penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa.