Find Us On Social Media :

Apa Yang Dimaksud Kesehatan Mental? Kenapa Ada Hari Khusus Untuk Memperingatinya?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 14 Agustus 2024 | 14:39 WIB

Artikel ini akan membahas tentang apa yang dimaksud kesehatan mental? Lalu kenapa ada hari khusus untuk memperingatinya, yang kita kenal sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia?

Apa yang dimaksud kesehatan mental? Lalu kenapa ada hari khusus untuk memperingatinya, yang kita kenal sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia? Begini kronologinya.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Isu kesehatan mental menjadi salah satu isu yang paling banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Terutama di kalangan Generasi Milineal (kelahiran 1981-1996) dan Generasi Z (1997-2012) yang terlihat begitu peduli dengan isu ini.

Apa yang dimaksud kesehatan mental? Lalu kenapa ada hari khusus untuk memperingatinya, yang kita kenal sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia?

Mengutip Kompas.com, kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan emosional dan psikologis. Kesehatan mental yang bagus memungkinkan seseorang menjalani kehidupan yang sehat dan bahagia. Begitu juga sebaliknya, kesehatan mental yang buruk akan membuat kita menjalani kehidupan dengan acak-aduk.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Termasuk peristiwa kehidupan atau bahkan genetika.

Masih dari sumber yang sama, gangguan kesehatan mental adalah istilah luas yang mencakup berbagai kondisi yang memengaruhi cara kita merasa dan berpikir. Ini juga dapat memengaruhi kemampuan kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Penyakit mental dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berbeda, termasuk genetika, lingkungan, kebiasaan sehari-hari, biologis dan pengalaman di masa lampau.

Walau gangguan kesehatan mental umum terjadi, tingkat keparahannya bervariasi. Sekitar satu dari 25 orang dewasa mengalami penyakit mental serius (SMI) setiap tahun. Penyakit mental serius dapat secara signifikan mengurangi kemampuan Anda untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Menurut National Institute of Mental Health, wanita lebih mungkin mengalami SMI daripada pria. Selain itu, mereka yang berusia 18 hingga 25 tahun paling mungkin mengalami IMS. Orang dengan latar belakang ras campuran juga lebih mungkin mengalami IMS daripada orang dari etnis lain.

Apa saja jenis-jenis gangguan kesehatan mental?