Find Us On Social Media :

Raden Saleh Sang Pangeran Ajaib Dan Inspirasi Baju Indonesia Pada Pembukaan Olimpiade Paris 2024

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:06 WIB

Raden Saleh

Raden Saleh menjadi inspirasi Didit Hediprasetyo mendesain baju untuk kontingen  Indonesia pada Olimpiade Paris 2024. Sesangar apa sepak terjang sosok yang disebut sebagai "Pangeran Ajaib" itu?

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan artikel terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Ada yang menarik dari upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, Sabtu dini hari WIB kemarin. Itu adalah baju kontingen Indonesia yang dirancang oleh Didit Hediprasetyo, putra Prabowo Subianto.

Seperti yang sudah diberitakan jauh-jauh hari, baju yang dirancang untuk kontingen Indonesia terinspirasi dari sosok Raden Saleh, pionir pelukis beraliran romantisme kelahiran Semarang.

Mengutip Kompas.com, kisah perjalanan Raden Saleh dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional. Selain itu, lukisan Raden Salah yang menghiasi dinding Rijkmuseum dan Loyvre merupakan wujud perpaduan antara budaya Jawa dan romantisme Eropa.

Itulah yang kemudian terejawantahkan dalam wujud baju yang dipakai kontingen di pembukaan Olimpiade Paris 2024. Setiap koleksi adalah bentuk penghormatan terhadap warisan budaya Indonesia yang sejalan dengan asal usul para atlet dan membangkitkan semangat persatuan dan nasionalisme.

Seragam atlet laki-laki yang terbuat dari washed-out denim terinspirasi dari tampilan jaket biker yang dilebur dengan beskap, setelan jas tradisional khas Jawa. Celana panjang berwarna putih menjadi bawahan untuk tampilan aktif.

Sementara itu, seragam atlet perempuan menampilkan atasan dengan potongan kebaya kutubaru berwarna merah yang dipasangkan dengan jumpsuit putih. Tetap memadukan kesan sporty dengan keagungan yang elegan. Perhatian terhadap detail terlihat jelas, mulai dari penempatan subtil emblem Indonesia berwarna merah putih yang terbuat dari kulit hingga Blangkon, penutup kepala laki-laki pada busana tradisional Jawa, dengan sentuhan kontemporer dari bahan kulit dan denim.

“Saya begitu bersyukur dapat merancang seragam resmi parade pembukaan untuk para atlet yang mewakili Indonesia di Olimpiade 2024 di Paris," kata Didit Hediprasetyo. "Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita," ungkapnya dalam keterangan Komite Olimpiade (NOC) Indonesia.

Lalu seperti sosok Raden Saleh? Intisari edisi Juni 2000 pernah menguliknya untuk pembaca sekalian. Tulisan itu ditulis oleh Shinta Teviningrum dengan judul "Raden Saleh, Sang Pangeran Ajaib". Ini arsipnya: