Find Us On Social Media :

Ini Alasan Mengapa Pancasila Disebut Ideologi Bangsa Indoensia

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 24 Juli 2024 | 12:45 WIB

Artikel ini tentang mengapa Pancasila disebut sebagai ideologi, serta apa arti ideologi bagi sebuah negara seperti Indonesia. Semoga bermanfaat.

Artikel ini tentang mengapa Pancasila disebut sebagai ideologi, serta apa arti ideologi bagi sebuah negara seperti Indonesia. Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channe, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Tak sekadar sebagai dasar negara Indonesia, orang-orang juga mengatakan bahwa Pancasila adalah sebuah ideologi. Karena ia ideologi, ada nilia-nilai adiluhung di dalamnya.

Lalu mengapa Pancasila disebut ideologi?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, pertama-tama kita harus tahu terlebih dahulu apa itu ideologi. Ideologi, mengutip Kompas.com, merupakan kumpulan gagasan, ide dan keyakinan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia.

Ideologi menjadi kerangka penyelenggaraan negara untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Di Indonesia, para pendiri bangsa telah sepakat menetapkan ideologi negara Indonesia adalah Pancasila.

Secara umum, ideologi Pancasila berarti nilai-nilai luhur budaya dan religius bagi bangsa Indonesia yang berdasarkan pada sila-sila Pancasila.

Makna Pancasila sebagai ideologi

Seperti disebut di awal, Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi tonggak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila disebut sebagai ideologi karena nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan negara.

Nilai-nilai yang telah disepakati bersama itu juga menjadi sarana menyatukan masyarakat dan dapat digunakan sebagai prosedur penyelesaian konflik. Hal ini sesuai dengan gagasan para pendiri negara Indonesia terkait pentingnya mencari nilai-nilai bersama yang dapat menyatukan berbagai golongan masyarakat secara konkret dalam kehidupan sehari-hari.