Find Us On Social Media :

Kisah Wartawan Kantor Berita Domei Menyerahkan Teks Proklamasi Untuk Disiarkan Dan Disebarluaskan Ke Seluruh Dunia

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 19 Juli 2024 | 14:02 WIB

Salah satu wartawan Kantor Berita Domei yang menyerahkan teks proklamasi untuk disiarkan dan disebarluaskan ke seluruh dunia adalah Syahrudin.

Salah satu wartawan Kantor Berita Domei yang menyerahkan teks proklamasi untuk disiarkan dan disebarluaskan ke seluruh dunia adalah Syahrudin.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan cerita-cerita di seputarnya tidak hanya monopoli orang-orang besar. Ada tokoh-tokoh lain yang tak kalah pentingnya yang juga wajib jadi sorotan kita.

Termasuk peran seorang wartawan.

Salah satu wartawan Kantor Berita Domei yang menyerahkan teks proklamasi untuk disiarkan dan disebarluaskan ke seluruh dunia adalah Syahrudin juga punya peran yang tak kalah penting.

Syahrudin berhasil menyelundupkan teks Proklamasi. Teks tersebut kemudian diterima oleh Kepala Bagian Radio, Waidan B Palenewen. Teks Proklamasi tersebut kemudian diberikan kepada F. Wuz untuk segera disiarkan melalui radio.

Wartawan-wartawan yang lain juga punya peran, di antaranya adalah BM Diah.

Sebelum Soekarno membacakan naskah proklamasi, para pemuda di Jakarta telah menyusun rencana untuk menyebarluaskan kabar kemerdekaan Indonesia. Beberapa tokoh pemuda di Jakarta yang turut berperan penyebaran berita proklamasi di Jakarta, di antaranya adalah Sukarni, Supardjo, dan B.M Diah.

Sukarni memimpin kelompok pemuda yang bermarkas di Jalan Bogor untuk menyiasati penyebaran berita proklamasi. Mereka membuat salinan naskah proklamasi dan kemudian menyebarkannya kepada masyarakat.