Find Us On Social Media :

Menguras Gentong Raja Mataram Ternyata Tak Bisa Sembarangan, Ada Ritualnya

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 6 Juli 2024 | 13:11 WIB

Di lingkungan Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta, menguras gentong Raja Mataram bukan perkara sepele. Ada ritual khusus yang harus dilakukan.

Di lingkungan Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta, menguras gentong Raja Mataram bukan perkara sepele. Ada ritual khusus yang harus dilakukan.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Apa-apa yang terkait baik dengan Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta biasanya dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mitos. Bahkan untuk urusan gentong yang berisi air minum.

Sugeng Riyanto pernah menuliskan pengalamannya mengikuti upacara menguras gentong Raja Mataram di Makam Imogiri, Bantul, Yogyakarta, untuk Majalah Intisari. Tulisan itu kemudian dimuat dan ditayangkan pada edisi Majalah Intisari, Maret 2009.

Begini cerita Sugeng Riyanto: 

---

Kedengarannya biasa, wong sekadar nguras gentong. Tapi karena gentong-gentong yang akan dikuras itu milik Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta, yang biasa pun jadi tidak biasa. Misalnya, siwur (gayung) yang akan dipakai menguras mesti diarak dulu. Prosesinya pun dilakukan di lokasi makam raja-raja Mataram. Unik dan terasa sakralnya.

Entah kenapa, hari itu, kebetulan Jumat Kliwon, tiba-tiba saja saya tertarik menonton ritual "Nguras Gentong", dalam bahasa lokal disebut Nguras Enceh di Makam Raja-Raja Mataram Imogiri, sekitar 17 km ke arah selatan dari Yogyakarta.

Tinggal di sana, saya sering mendengar tentang ritual yang diselenggarakan setahun sekali, saban Bulan Suro itu. Namun baru kali ini berniat menontonnya secara (istilah para penyiar teve) live.

Tak hanya mereka yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya yang berkunjung, tapi ada juga rombongan yang sengaja datang dari Jepara, Demak, Kudus, Dlingo, dan kota-kota lainnya di Jawa Tengah. Membludak, tak kalah dengan massa kampanye partai politik.