Find Us On Social Media :

WFN 2024 Sebagai Etalase Kekayaan Wastra Nusantara, Dimulai Dari Solo

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 30 Mei 2024 | 07:17 WIB

Wastra Nusantara Fashion (WNF) 2024 Solo menghadirkan 40an desainer lokal yang bersinergi untuk melestarikan kekayaan wastra Nusantara.

Satu cita-cita gelaran Wastra Nusantara Fashion 2024: ingin menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan budaya, warisan wastra.

Ribuan masyarakat Solo tumplek blek di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, jalan utama di kota yang terkenal dengan tengklengnya itu.

Hari itu, Solo punya beberapa gawe besar. Yang paling mencolok tentu peringatan hari ulang tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Yang meramaikan acara tersebut tentu tak hanya warga atau perwakilan Kota Solo, tapi juga kontingen daerah-daerah lain dari 38 provinsi dan kota di Indonesia yang diwakili oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Puncak acara tersebut pawai mobil hias dari para perwakilan Dekranasda. Iriana Joko Widodo, istri orang nomor satu di Indonesia sekaligus ketua tim penggerak PKK, hadir dalam acara tersebut, didampingi menantu tercinta, Selvi Ananda.

Baca Juga: Bagaimana Peran Batik dalam Budaya dan Warisan Indonesia?

Pawai mobil hias Dekranasda itu sangat meriah, seluruh mata warga Solo dan sekitarnya tertuju pada acara tersebut. Jika kalian kebetulan jalan-jalan di Solo di hari itu, pasti akan merasakan bagaimana ramainya Kota Batik itu hari itu.

Menurut penuturan Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Endang Budi Karya, setidaknya ada 102 mobil hias yang terlibat dalam acara tersebut.

Selain itu, ada 20 kereta kuda hias, pameran kriya, budaya, dan lebih dari 1.200 peserta jalan kali yang merupakan ibu-ibu PKK se-Indonesia. Mereka tampak saling bergandengan tangan mengenakan pakaian adat masing-masing.

Tak sekadar meramaikan HUT Dekranas, mobil-mobil hias itu juga memperebutkan Piala Ibu Negara. Kontingen dari Papua Pegunungan yang berhasil menggondol piala tersebut.