Find Us On Social Media :

Inilah Faktor Pendorong Perdagangan Internasional, Beda Antarbangsa

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 15 Mei 2024 | 09:17 WIB

Inilah faktor pendorong perdagangan internasional, di mana Indonesia terlibat di dalamnya.

Intisari-Online.com - Sejak 1994, Indonesia sudah sangat aktif dalam perdagangan internasional.

Hal itu ditandai dengan keterlibatan Indonesia di World Trade Organization (WTO).

Inilah faktor pendorong perdagangan internasional, di mana Indonesia terlibat di dalamnya.

Mengutip Kompas.com, perdagangan internasional adalah transaksi jual beli yang melibatkan dua negara atau lebih.

Menurut situs Kementerian Perdagangan, perdagangan internasional adalah sarana pertukaran barang dan jasa secara internasional.

Dalam praktiknya, ada beberapa faktor yang mendorong perdagangan internasional. Faktor ini sifatnya positif atau mendukung.

Faktor pendorong perdagangan internasional

Menurut Dikson Silitonga dalam buku Makroekonomi (2023), faktor pendorong perdagangan internasional antarnegara bisa jadi berbeda.

Artinya tiap negara kemungkinan besar memiliki latar belakang atau faktor pendorong yang berbeda.

Jelaskan faktor yang mendorong perdagangan internasional!

Salah satu faktor yang mendorong perdagangan internasional adalah perbedaan sumber daya alam di tiap negara.

Contoh, Indonesia memiliki tambang emas yang melimpah, sedangkan Singapura tidak.

Sehingga Singapura akan mengimpor emas dari Indonesia.

Selain itu, faktor pendorong perdagangan internasional lainnya ialah perbedaan sumber daya manusia di masing-masing negara.

Misal, tenaga ahli Indonesia masih sangat jarang, sehingga pemerintah sering mendatangkan ahli dari luar negeri.

Dikutip dari uku Cara Cepat Menguasai Ekonomi (2019) oleh Sandra Dyana, salah satu faktor yang mendorong perdagangan internasional, yakni globalisasi.

Globalisasi menghilangkan sekat atau batas pemisah antarnegara, sehingga proses perdagangan internasional sangat mungkin terjadi.

Perdagangan internasional sangat mungkin terjadi, karena kebutuhan nasional tidak bisa dipenuhi sendiri.

Saat barang atau jasa tidak tersedia di suatu negara, pemerintah mau tidak mau harus melakukan perdagangan internasional.

Terakhir, faktor pendorong perdagangan internasional, yaitu perbedaan selera atau kesukaan konsumen.

Selera sering kali memengaruhi tingkat belanja individu.

Karena itu, kegiatan impor dan ekspor lazim dilakukan untuk memenuhi hal ini.

Kesimpulannya, faktor yang mendorong perdagangan internasional adalah:

- Perbedaan sumber daya alam

- Perbedaan kualitas sumber daya manusia

- Globalisasi

- Tidak terpenuhinya kebutuhan nasional

- Perbedaan selera atau kesukaan konsumen.

Itulah faktor pendorong perdagangan internasional, di mana Indonesia terlibat di dalamnya, semoga bermanfaat.

Dapatkan artikel terupdate dari Intisari-Online.com di Google News