Find Us On Social Media :

Kapan Puasa Ramadhan 2024? Inilah Versi Pemerintan dan Muhammadiyah

By Yoyok Prima Maulana, Rabu, 28 Februari 2024 | 10:17 WIB

Kapan puasa Ramadhan 2024 versi pemerintah?

Intisari-online.com - Kapan sebenarnya awal puasa Ramadhan 2024?

Apakah ada perbedaan antara versi pemerintah dan versi Muhammadiyah?

Bagaimana cara menentukan awal puasa Ramadhan yang benar dan sesuai dengan syariat Islam?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Versi Pemerintah

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Agama (Kemenag), akan menggelar sidang isbat penetapan awal puasa Ramadhan 2024 pada 10 Maret 2024.

Sidang isbat adalah rapat yang dilakukan oleh pemerintah bersama dengan para ulama, ahli falak, dan perwakilan ormas Islam untuk menetapkan awal bulan kamariah berdasarkan rukyatul hilal, yaitu pengamatan bulan sabit secara langsung dengan mata telanjang atau alat bantu.

Sidang isbat akan dilakukan setelah pukul 17.00 WIB, setelah dilakukan pemantauan hilal di 134 titik di seluruh Indonesia. Hasil sidang isbat akan diumumkan oleh Menteri Agama dan akan menjadi acuan bagi seluruh umat Islam di Indonesia untuk menentukan awal puasa Ramadhan.

Meskipun pemerintah belum melakukan sidang isbat, awal puasa Ramadhan 2024 dapat diprediksi merujuk pada kalender Hijriah 2024 yang dikeluarkan oleh Kemenag. Berdasarkan kalender tersebut, 1 Ramadhan 1445 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada 12 Maret 20241.

2. Versi Muhammadiyah

Muhammadiyah adalah salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia yang memiliki metode dan standar yang berbeda dengan pemerintah dalam menentukan awal puasa Ramadhan.

Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal, yaitu penentuan awal bulan kamariah yang mengacu pada peredaran bulan dan bumi yang sebenarnya, dengan kriteria bahwa bulan telah mendahului matahari dalam gerak mereka dari barat ke timur, dan saat matahari terbenam, posisi bulan berada di atas ufuk.