Find Us On Social Media :

Berikan Penjelasan Kenapa Perlu Ada Revitalisasi Budaya Lokal, Berikan Contoh

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 18 Februari 2024 | 16:17 WIB

Inilah penjelasan kenapa perlu ada revitalisasi budaya lokal, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Intisari-Online.com - Pada era globalisasi saat ini, semakin banyak budaya lokal yang terpinggirkan dan diambang kepunahan, sehingga perlu ada revitalisasi budaya lokal.

Berikan penjelasan kenapa perlu ada revitalisasi budaya lokal, dan berikan contohnya.

Pengertian revitalisasi kebudayaan

Revitalisasi merupakan sebuah terminologi yang belakangan semakin diwacanakan dalam konteks kebudayaan lokal yang semakin memudar menghadapi tekanan arus globalisasi.

Secara sederhana, revitalisasi dapat diartikan sebagai proses dan usaha untuk menghidupkan kembali sesuatu yang sudah lama diabaikan atau ditinggalkan agar menjadi hidup kembali.

Revitalisasi kebudayaan merupakan proses dan upaya pelurusan kembali nilai-nilai budaya lokal yang telah menyimpang karena tidak sesuai lagi dengan kebutuhan masyarakat.

Melalui revitalisasi, secara sistematis dilakukan dengan perencanaan dan metodologis untuk membangkitkan serta menggiatkan kembali potensi lokal dalam rangka pelestarian budaya.

Membangkitkan atau menggiatkan kembali kebudayaan lokal yang di ambang kepunahan dalam menghadapi perubahan zaman akibat pengaruh globalisasi.

Indonesia yang majemuk dan memiliki ratusan atau ribuan suku bangsa dengan kekayaan kearifan lokal yang ada pada setiap suku bangsa, sebagian besar mengalami pengikisan bahkan tidak sedikit yang diambang kepunahan.

Masyarakat Indonesia, terutama generasi muda seusia kalian, di hampir semua kawasan atau suku bangsa di Indonesia saat ini semakin terpengaruh dan terobsesi budaya barat atau asing.

Baca Juga: Berikan Penjelasan Sejauh Mana Terjadi Pergeseran Fungsi Pewarisan Kebudayaan Di Era Sekarang, Berikan Contoh!