Find Us On Social Media :

Sultan HB X Diminta Jadi 'Jembatan' Jokowi-Mega, Dua Abad Silam Sultan HB II Pernah Punya 'Tugas' Serupa

By Ade S, Selasa, 13 Februari 2024 | 10:03 WIB

Sultan HB X ditugaskan Jokowi untuk memfasilitasi pertemuan dengan Mega. Ini mirip dengan peran Sultan HB II pada masa lalu.

Intisari-Online.com - Apakah Anda tahu bahwa Sultan Yogyakarta memiliki sejarah panjang sebagai "jembatan" atau "penengah" dalam politik nasional?

Tidak hanya Sultan HB X yang saat ini diminta Presiden Jokowi untuk menjembatani pertemuan dengan Megawati Soekarnoputri, tetapi juga Sultan HB II yang dua abad silam pernah punya "tugas" serupa.

Bagaimana kisahnya? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Sultan HB X Diminta Jadi 'Jembatan' Jokowi-Megawati

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI-P.

Hal ini diungkapkan oleh Connie Rahakundini Bakrie, seorang pengamat militer.

Sultan mengakui kebenaran kabar tersebut saat ditanya.

"Betul, tapi saya kan nunggu presiden. Saya akan menjembatani. Terserah presiden itu (waktunya). Saya nunggu. Kalau memerlukan saya bersedia," kata Sultan ketika berada di Kompleks Kepatihan, Senin (12/2/2024).

Sultan menambahkan bahwa dirinya tidak aktif dalam hal ini. Jika Presiden Jokowi menginginkan, maka dirinya akan beraksi.

"Ya berarti bukan ambil inisiatif. Yang ambil inisiatif Bapak Presiden. Kalau mau ketemu Mbak Mega saya fasilitasi. Kalau bisa ketemu sendiri ya syukur, kalau saya sifatnya pasif," ucapnya.

Baca Juga: Sempat Pindah Dari Jakarta Ke Yogyakarta, Inilah Sejarah Museum Dirgantara