Find Us On Social Media :

Melakukan Perbuatan Baik Juga Sudah Sebagian Upaya Menghindari Larangan dari Perbuatan Tercela

By Afif Khoirul M, Senin, 5 Februari 2024 | 19:30 WIB

Ilustrasi - Arti melakukan perbuatan baik juga sudah sebagian upaya menghindari larangan dari perbuatan tercela.

Intisari-online.com - Perbuatan baik dan perbuatan tercela adalah dua hal yang berlawanan dalam Islam.

Lalu, apa arti melakukan perbuatan baik juga sudah sebagian upaya menghindari larangan dari perbuatan tercela.

Perbuatan baik adalah segala tindakan yang sesuai dengan ajaran Allah dan Rasul-Nya, yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, yang mendatangkan pahala dan ridha Allah.

Perbuatan tercela adalah segala tindakan yang bertentangan dengan ajaran Allah dan Rasul-Nya, yang merugikan diri sendiri dan orang lain, yang mendatangkan dosa dan murka Allah.

Islam mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan tercela. Dalam Al-Quran, Allah berfirman yang artinya:

"Sesungguhnya Allah menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." (QS. An-Nahl,16: 90)

Dari ayat ini, kita dapat mengetahui bahwa Allah memerintahkan kita untuk berlaku adil, berbuat kebajikan, dan memberi kepada kaum kerabat.

Ketiga hal ini termasuk dalam perbuatan baik yang harus kita lakukan.

Sebaliknya, Allah melarang kita dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Ketiga hal ini termasuk dalam perbuatan tercela yang harus kita hindari.

Melakukan perbuatan baik juga sudah sebagian upaya menghindari larangan dari perbuatan tercela.

Hal ini karena dengan berbuat baik, kita akan mendekatkan diri kepada Allah, memperbaiki akhlak, dan mempererat hubungan dengan sesama manusia.

Baca Juga: Apakah Keterkaitan Ajaran Kepercayaan Terhadap Kelestarian Alam?