Find Us On Social Media :

Perbandingan Antara Negara Kesatuan dan Negara Serikat: Apa Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing

By Ade S, Selasa, 6 Februari 2024 | 11:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini membahas perbandingan antara negara kesatuan dan negara serikat, apa kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta contoh-contohnya.

Intisari-Online.com - Apakah Anda tahu apa itu negara kesatuan dan negara serikat?

Kedua bentuk negara ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal kekuasaan, hukum, dan kebijakan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbandingan antara negara kesatuan dan negara serikat, apa kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta contoh-contohnya.

Subjudul: Kelebihan dan Kekurangan Negara Kesatuan

Negara kesatuan adalah bentuk negara yang merdeka dan berdaulat dengan satu pemerintah pusat yang berkuasa dan mengatur seluruh daerah.

Contoh negara kesatuan adalah Indonesia, Filipina, Belanda, Italia, dan Jepang. Negara kesatuan memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

Kelebihan:

- Terwujudnya hukum yang sama untuk seluruh masyarakat di negara tersebut, sehingga dapat menciptakan keadilan dan persatuan.

- Keputusan hukum di negara kesatuan lebih cepat diambil, karena semua daerah tunduk pada hukum dan kebijakan yang sama. Hal ini dapat membantu negara mengatasi situasi darurat dengan cepat.

- Pemerintah pusat bertanggung jawab penuh atas pembangunan di seluruh negeri, sehingga dapat meratakan pembangunan nasional antar daerah.

- Keragaman negara lebih mudah disatukan, karena negara kesatuan memudahkan penyatuan perbedaan suku, ras, agama, dan golongan untuk bersama-sama membangun negara tunggal.

Baca Juga: Apa Makna Isi Pasal 18B Ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945?