Find Us On Social Media :

Berbasis Teknonologi 4.0, Museum Pusat TNI Angkatan Laut JALESVEVA JAYAMAHE Resmi Dibuka

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 22 Januari 2024 | 18:18 WIB

Museum pusat TNI Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe resmi dibuka untuk umum dengan mengusung teknologi 4.0.

Intisari-Online.com - Ada yang baru dari TNI Angkatan Laut.

Jumat (19/1), museum pusat TNI Angkatan Laut "Jalesveva Jayamahe" resmi dibuka untuk umum.

Museum ini tujuan agar pengunjung bisa menjelajahi kejayaan maritim bangsa Indonesia di masa lampau.

Masyarakat juga akan ditunjukkan peran penting TNI AL dalam mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia sejak masa kemerdekaan hingga saat ini.

Kepala Dinas Sejarah TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Dr. Hariyo Poernomo, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, M.Han mengatakan, Museum Pusat TNI Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe” sebagai media dan ruang menyimpan memori publik mengenai kejayaan TNI AL dan kejayaan maritim nenek moyang bangsa.

Sekaligus menjadi ruang edukasi yang inspiratif serta menghibur untuk membangun moral, mental, karakter pejuang, dan karakter pemenang generasi Indonesia di masa kini dan masa depan.

“Melalui wahana museum, kami mengajak masyarakat luas untuk berkontemplasi sejenak mengenai jejak perjuangan para pahlawan samudera melalui berbagai misi, operasi dan pertempuran laut dalam upaya mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia," katanya.

"Itu sematamata untuk membangun jiwa kepahlawanan, jiwa bahari dan rasa optimistis generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan."

Museum Pusat TNI Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe” mulai dibuka untuk umum pada Sabtu dan Minggu, 20-21 Januari 2024.

Acara yang bertajuk “OPEN NOW” akan menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya, perlombaan, hingga festival kuliner dan kerajinan khas Jawa Timur.

Museum Pusat TNI Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe” mulai dibangun pada 2022 di era kepemimpinan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Yudho Margono,S.E., M.M.

Pada 11 September 2023, museum diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E., M.Tr.Opsla.