Find Us On Social Media :

Apa Pengertian Reformasi dan Bagaimana Detik-detik Jelang Reformasi di Indonesia?

By Ade S, Minggu, 21 Januari 2024 | 20:03 WIB

Mahasiswa menduduki gedung MPR/DPR, menuntut Presiden Soeharto untuk mundur dari jabatan Presiden, pada Mei 1998. Artikel ini menjelaskan apa pengertian reformasi dan bagaimana detik-detik jelang reformasi di Indonesia pada tahun 1998 yang mengakhiri era Orde Baru.

Intisari-Online.com - Tahun 1998 adalah tahun yang penuh dengan gejolak dan perubahan di Indonesia.

Krisis moneter, ketidakpuasan rakyat, demonstrasi mahasiswa, kerusuhan sosial, tekanan politik, dan tragedi kemanusiaan mengiringi akhir dari kekuasaan 32 tahun Soeharto.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa pengertian reformasi dan bagaimana detik-detik jelang reformasi di Indonesia yang mengubah sejarah bangsa ini.

Pengertian Reformasi

Reformasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah proses perbaikan secara radikal (di bidang sosial, politik, atau agama) yang terjadi dalam suatu masyarakat atau negara.

Untuk memahami reformasi, seperti dilansir Kompas.com, kita harus mengerti apa itu perubahan, yaitu proses pengubahan sistem atau tatanan pemerintahan yang bertujuan untuk mencapai perbaikan yang signifikan.

Untuk mengubah sistem atau tatanan, diperlukan waktu dan ruang yang memadai dalam konteks sistem yang dinamis.

Perubahan yang berlangsung terus menerus menghasilkan perbaikan pada sistem internal organisasi.

Selain itu, perubahan pada sistem yang lama juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dalamnya, memperbaiki infrastruktur, dan membangun sosial budaya yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan.

Perubahan bukanlah hal yang sementara, melainkan hal yang berkelanjutan dan positif.

Baca Juga: Mengapa Krisis Keuangan yang Berawal di Thailand dapat Berpengaruh Terhadap Indonesia?