Find Us On Social Media :

Inilah Sejarah Awal Mula Masuknya Islam ke Nusantara

By Afif Khoirul M, Jumat, 19 Januari 2024 | 11:11 WIB

Ilustrasi - Sejarah masuknya Islam ke Nusantara.

Intisari-online.com - Agama Islam merupakan agama yang paling banyak dianut oleh penduduk Indonesia saat ini.

Namun, bagaimana sejarah awal mula masuknya Islam ke nusantara?

Kapan dan melalui siapa Islam pertama kali diperkenalkan di tanah air kita?

Menurut para ahli sejarah, tidak ada satu teori yang pasti tentang awal mula masuknya Islam ke nusantara.

Ada beberapa teori yang berbeda yang didasarkan pada bukti-bukti sejarah, geografis, arkeologis, dan budaya. Beberapa teori yang paling populer adalah:

1.Teori Arab (Mekah): Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke nusantara melalui pedagang-pedagang Arab yang datang sejak abad ke-7 Masehi.

Pedagang-pedagang Arab ini berdagang dengan kerajaan-kerajaan lokal di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, dan sekaligus menyebarkan ajaran Islam.

Bukti yang mendukung teori ini antara lain adalah adanya pemukiman Arab di pesisir barat Sumatera, adanya prasasti Kedukan Bukit yang menyebutkan nama Arab, dan adanya nama-nama Arab dalam silsilah raja-raja nusantara.

2. Teori Gujarat (India): Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke nusantara melalui pedagang-pedagang Gujarat, sebuah wilayah di pesisir barat India, yang datang sejak abad ke-13 Masehi.

Pedagang-pedagang Gujarat ini berdagang dengan kerajaan-kerajaan di Sumatera, Jawa, dan Maluku, dan sekaligus menyebarkan ajaran Islam.

Bukti yang mendukung teori ini antara lain adalah adanya hubungan dagang antara Gujarat dan nusantara, adanya pengaruh budaya India dalam seni dan sastra nusantara, dan adanya nama-nama Gujarat dalam silsilah raja-raja nusantara.

Baca Juga: Musa bin Nushair, Tokoh Yang Terlupakan Saat Menjelaskan Sejarah Masuknya Islam Di Andalusia