Find Us On Social Media :

Bagaimana Konsep Dasar Dari Etnografi Dan Kedudukan Etnografi Dalam Antropologi Dilihat Dari Sisi Metode Penelitian Ilmiah?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 17 Januari 2024 | 10:38 WIB

Bagaimana konsep dasar dari etnografi dan kedudukan etnografi dalam antropologi dilihat dari sisi metode penelitian ilmiah?

Intisari-Online.com - Etnografi adalah salah satu cabang dari antropologi.

Bagaimana konsep dasar dari etnografi dan kedudukan etnografi dalam antropologi dilihat dari sisi metode penelitian ilmiah

Etnografi merupakan salah satu bidang kajian penting yang melatarbelakangi lahirnya antropologi sebagai ilmu pengetahuan.

Ilmu Antropologi lahir dari catatan-catatan yang menggambarkan tentang masyarakat suatu suku bangsa.

Catatan tentang suku bangsa tersebut kemudian dikembangkan menjadi bidang kajian yang dikenal sebagai etnografi.

Dilansir dari buku Etnografi Pembangunan Papua (2019) karya Mulyadi, etnografi merupakan salah satu bagian kajian Ilmu Antropologi yang secara holistis mendeskripsikan kebudayaan suatu masyarakat, suku, dan bangsa berdasarkan hasil penelitian lapangan.

Entografi berhubungan erat dengan penelitian ilmu antropologi.

Dalam metode penelitian antropologi, entografi dibagi dalam dua bentuk, yaitu:

- Etnografi sebagai laporan penelitian

Etnografi sebagai laporan penelitian berisi laporan tentang suatu suku bangsa yang ditulis oleh seorang entografer (peneliti) atas hasil yang diperoleh selama melakukan penelitian lapangan.

Karena merupakan sebuah laporan penelitian, maka harus ada kerangka.

Kerangka berfungsi agar laporan penelitian etnografi bisa menggambarkan suatu keadaan suku bangsa secara utuh sehingga pembaca mudah untuk memahami laporan tersebut.