Find Us On Social Media :

Inilah Kebihan dan Kekurangan Teori Waisya yang Menjelaskan Masukan Agama Hindu-Budha ke Indonesia

By Afif Khoirul M, Senin, 8 Januari 2024 | 17:15 WIB

Ilustrasi - Kelebihan dan kekuarangan Teori Waisya.

Intisari-online.com - Teori Waisya adalah salah satu teori yang menjelaskan tentang masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia.

Ada kelebihan dan kekurangan teori Waisya yang menjelaskan masuknya agama Hindu Budha ke Indonesia.

Teori ini dikemukakan oleh N.J. Krom, yang berpendapat bahwa agama Hindu-Buddha dibawa oleh para pedagang dari India yang termasuk dalam kasta Waisya.

Kasta Waisya adalah kasta yang terdiri dari orang-orang yang memiliki pekerjaan dan harta benda sendiri di luar pemerintahan, seperti pedagang, petani, nelayan, pengrajin, atau buruh kelas menengah.

Teori ini didasarkan pada faktor pendorong ekonomi, yaitu keinginan para pedagang India untuk mendapatkan barang tambang dan hasil hutan dari Indonesia yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah.

Teori Waisya memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

- Teori ini sesuai dengan fakta sejarah bahwa Indonesia merupakan wilayah yang strategis dan menghubungkan jalur perdagangan internasional antara India, Cina, dan Timur Tengah.

Hal ini membuat Indonesia menjadi tujuan utama para pedagang dari berbagai negara, termasuk India.

- Teori ini menjelaskan tentang interaksi sosial yang terjadi antara para pedagang India dengan masyarakat lokal.

Dalam melakukan transaksi jual beli, para pedagang India tidak hanya membawa barang-barang dagangannya, tetapi juga membawa adat dan kebiasaan dari negaranya, termasuk agama Hindu-Buddha.

Interaksi yang berjalan dengan baik ini kemudian membuat banyak masyarakat lokal yang tertarik dan memeluk agama Hindu-Buddha.

- Teori ini konsisten dengan bukti-bukti arkeologis yang menunjukkan adanya pengaruh kebudayaan India di Indonesia, seperti prasasti, candi, arca, relief, dan seni ukir.