Find Us On Social Media :

Alhamdulillah, Masih Ada BLT Rp800 Miliar Siap Dicairkan Jelang Perayaan Tahun Baru, Segera Cek di Sini

By Ade S, Kamis, 28 Desember 2023 | 08:03 WIB

Ilustrasi. Simak cara cek penerima BLT El Nino yang akan cair Rp400.000 per keluarga menjelang perayaan tahun baru 2024.

Intisari-Online.com - Anda termasuk penerima BLT El Nino? Jika ya, segeralah mengeceknya.

Sebab, bantuan ini hanya tersisa Rp800 miliar atau sekitar 10 persen dari total jumlah yang telah dianggarkan oleh pemerintah.

Sisa pembagian ini jelas akan dilakukan menjelang perayaan tahun baru 2024.

Lalu, bagaimana cara cek penerima BLT El Nino? Berikut langkah-langkahnya.

Penyaluran BLT El Nino Capai 89,36 Persen

Sampai dengan 21 Desember, pemerintah sudah menyalurkan Rp6,72 triliun dari anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, yang mencapai 89,36 persen dari target.

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, menyatakan bahwa pemerintah berharap dapat menyelesaikan penyaluran BLT El Nino, yang totalnya Rp7,52 triliun, sebelum tahun ini berakhir.

"Kami berharap bahwa pada akhir 2023, semua bantuan sudah sampai ke tangan yang berhak," ujarnya, dalam siaran persnya, seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (25/12/2023).

Ia menjelaskan bahwa BLT ini sangat bermanfaat bagi masyarakat miskin, yang menghadapi situasi ekonomi global yang penuh dengan hambatan dan ketidakpastian, termasuk dampak dari anomali cuaca El Nino.

Akibat El Nino, banyak komoditas pangan yang berisiko mengalami kenaikan harga karena kekeringan dan gagal panen.

"Alasan kami memberikan bantuan ini adalah karena kami khawatir harga-harga akan naik akibat kekeringan, tapi syukurlah Pemerintah dapat menjaga stabilitas harga beras dan minyak goreng, sehingga kami dapat membantu sebagai penyangga," kata Airlangga.

Baca Juga: Alhamdulillahh, BLT Rp3 Juta Masih Siap Dibagikan, Buruan Cek karena Tinggal Kurang dari 2 Persen Lagi