Find Us On Social Media :

Alhamdulillah, Ada BLT Rp200 Ribu Plus Beras 10 Kg Jelang Natal dan Tahun Baru, Segera Cek di Sini

By Ade S, Minggu, 24 Desember 2023 | 15:03 WIB

Ilustrasi. Simak cara cek NIK penerima BLT El Nino Rp200 ribu dan bansos beras 10 kg yang diberikan pemerintah jelang Natal dan Tahun Baru.

Intisari-Online.com - Anda termasuk salah satu dari 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino Rp200 ribu dan bantuan sosial (bansos) beras 10 kg dari pemerintah?

Jika ya, segera cek NIK Anda di aplikasi Cek Bansos atau situs cekbansos.kemensos.go.id.

Bantuan ini diberikan untuk mengatasi dampak El Nino dan tekanan ekonomi global yang menurunkan daya beli masyarakat.

Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang bantuan El Nino, cara cek NIK, dan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

BLT Baru di Akhir Tahun

Sejak Jumat (15/12/2023), Kementerian Sosial (Kemensos) sudah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino.

Bantuan ini diharapkan bisa sampai ke tangan penerima hingga akhir Desember 2023.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan, menyampaikan bahwa penerima bansos El Nino akan menerima uang tunai sebesar Rp 200.000 dua kali, yaitu untuk bulan November dan Desember yang ditransfer sekaligus.

"Uang Rp200.000 akan diterima masyarakat selama dua bulan, yaitu pada November dan Desember 2023, sehingga jumlah uang yang diterima masyarakat adalah Rp400.000," katanya, dikutip dari Kontan.

Hanya saja, BLT El Nino tidak diberikan kepada semua masyarakat. Hanya 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (PKM) yang berhak mendapatkan bansos tersebut.

Selain itu, karena dampak El Nino, pemerintah juga akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa beras sebanyak 10 kg untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada bulan Desember 2023 ini.

Baca Juga: Alhamdulillah, Ada BLT Rp6 Juta untuk Para Ibu Tepat Jelang Hari Ibu, Ini 4 Syaratnya