Find Us On Social Media :

Penjelasan Pengaruh Lipatan dan Patahan Bagi Manusia dan Flora Fauna!

By Afif Khoirul M, Sabtu, 16 Desember 2023 | 15:33 WIB

Ilustrasi - Pengaruh lipatan bagi Flora dan Fauna.

Intisari-online.com - Lipatan dan patahan adalah dua bentuk pergerakan tektonisme di permukaan bumi yang dapat memengaruhi kehidupan manusia dan flora fauna.

Lipatan adalah lapisan bumi yang bergerak ke sisi samping daripada vertikal sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi berkerut atau melipat.

Patahan adalah gerakan lapisan bumi bersifat vertikal sehingga menghasilkan bentuk muka bumi yang berupa patahan.

Lipatan dan patahan memiliki peran penting untuk membentuk berbagai macam bentuk muka bumi, seperti pegunungan, lembah, danau, dan sungai.

Pengaruh lipatan dan patahan bagi manusia dan flora fauna dapat bersifat positif maupun negatif, tergantung pada kondisi dan lokasi daerah lipatan dan patahan.

Berikut ini adalah beberapa pengaruh lipatan dan patahan bagi manusia dan flora fauna:

Pengaruh Positif

- Daerah lipatan dan patahan kaya akan sumber daya tambang dan mineral yang bermanfaat untuk diolah menjadi barang jadi atau dijual sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.

Contohnya adalah emas, perak, tembaga, batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

- Daerah lipatan dan patahan dapat menjadi tempat wisata alam yang menarik dan indah, baik bagi manusia maupun flora fauna.

Contohnya adalah pegunungan, lembah, danau, dan sungai yang memiliki pemandangan alam yang mempesona dan beragam flora fauna yang hidup di sana.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Lipatan dan Patahan Sebagai Pergerakan Tektonisme