Find Us On Social Media :

Apa Saja yang Sebaiknya Dilakukan Petani Ketika Akan Menanam dan Alasan Mengapa Hal Itu Diperlukan!

By Afif Khoirul M, Selasa, 12 Desember 2023 | 19:30 WIB

Ilustrasi - Hal apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh para petani?

Intisari-online.com - Petani adalah salah satu profesi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena mereka menyediakan pangan dan bahan baku untuk berbagai kebutuhan.

Namun, menjadi petani tidaklah mudah, karena mereka harus menghadapi berbagai tantangan dan risiko, seperti cuaca, hama, penyakit, pasar, dan lain-lain.

Oleh karena itu, petani harus melakukan berbagai persiapan dan langkah yang tepat ketika akan menanam, agar hasil panen mereka bisa optimal dan berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan petani ketika akan menanam dan alasan mengapa hal itu diperlukan:

- Melihat kondisi tanah yang akan ditanami. Tanah adalah media tanam yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Petani harus memastikan bahwa tanah yang akan ditanami memiliki kesuburan, struktur, tekstur, pH, dan kandungan air yang sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam.

Jika tanah terlalu kering atau terlalu basah, tanaman tidak akan bisa hidup dan tumbuh dengan baik.

Jika tanah kurang subur, petani harus memberikan pupuk organik atau anorganik untuk meningkatkan kandungan hara tanah.

- Persemaian bibit terlebih dahulu. Bibit adalah calon tanaman yang akan ditanam di lahan.

Bibit harus dipilih dengan baik, yaitu bibit yang unggul, sehat, bersih, dan sesuai dengan varietas tanaman yang diinginkan.

Bibit yang unggul akan menghasilkan tanaman yang produktif, tahan terhadap hama dan penyakit, dan memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga: Jadi Buron Pascaperistiwa G30S, Eks Anggota Cakrabirawa Banyak Yang Kabur Ke Thailand Jadi Biksu Dan Petani