Find Us On Social Media :

Bagaimana Kita Menyikapi Sengketa Batas Wilayah Antara Indonesia dan Malaysia?

By Ade S, Rabu, 13 Desember 2023 | 07:05 WIB

Peta negara-negara ASEAN. Artikel ini membahas bagaimana kita menyikapi sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia yang berulang kali terjadi.

Intisari-Online.com - Indonesia dan Malaysia adalah dua negara sahabat yang memiliki banyak kesamaan.

Kedua negara ini memiliki sejarah, bahasa, agama, dan budaya yang saling berhubungan.

Namun, bagaimana kita menyikapi sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia, yang sering kali menimbulkan gesekan dan ketegangan?

Sengketa ini tidak hanya berpengaruh pada hubungan politik dan ekonomi, tetapi juga pada hubungan sosial, budaya, dan pendidikan.

Artikel ini akan mengulas beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pelajar untuk menyikapi sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia, yang dapat membantu menjaga persahabatan dan kerjasama antara kedua negara.

Mengenal Sejarah dan Fakta

Salah satu cara untuk menyikapi sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia adalah dengan mengenal sejarah dan fakta yang terkait dengan masalah ini.

Sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia bermula dari ketidakjelasan garis perbatasan yang dibuat oleh Belanda dan Inggris, yang pernah menjajah kedua negara.

Sengketa ini meliputi beberapa wilayah, seperti Pulau Sipadan, Ligitan, Sebatik, dan Ambalat.

Sengketa ini telah diselesaikan sebagian melalui jalur hukum internasional, namun masih ada beberapa wilayah yang belum terselesaikan.

Baca Juga: Meliputi Apa Sajakah Kedaulatan NKRI? Ini Wilayah-wilayahnya