Find Us On Social Media :

Penjelasan Secara Singkat Kronologi Peristiwa Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil

By Ade S, Senin, 4 Desember 2023 | 11:03 WIB

Kapten Raymond Westerling. Artikel ini menjelaskan secara singkat kronologi peristiwa pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang terjadi pada tahun 1950.

Intisari-Online.com - Anda mungkin pernah mendengar nama Kapten Raymond Westerling, seorang tokoh yang terlibat dalam pembantaian di Sulawesi Selatan pada masa Revolusi Nasional Indonesia.

Namun, tahukah Anda bahwa ia juga pernah mencoba melakukan kudeta terhadap Republik Indonesia Serikat (RIS) pada tahun 1950?

Artikel ini akan jelaskan secara singkat kronologi peristiwa pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang dipimpin oleh Westerling.

Anda akan mengetahui latar belakang, jalannya, dan akhir dari pemberontakan ini, serta dampaknya bagi sejarah Indonesia.

Simak terus artikel ini untuk menambah wawasan Anda tentang salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

Kronologi Singkat Peristiwa Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil

Berikut adalah kronologi singkat peristiwa pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA):

- Agustus 1949

Hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) memutuskan bahwa Belanda akan menarik pasukan KL (Koninklijk Leger) dari Indonesia, dan tentara KNIL (Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger) akan dibubarkan dan dimasukkan ke dalam TNI.

Keputusan ini menimbulkan ketidakpuasan di kalangan pasukan KNIL, terutama yang berasal dari kesatuan khusus Depot Speciale Troopen (DST).

Baca Juga: Pengadilan Seolah Tak Berdaya Di Hadapannya, Raymond Westerling Akhirnya Takluk Oleh Gagal Jantung Pada 26 November 1987