Find Us On Social Media :

KPU Terima Rekor MURI, Lewat Film “Kejarlah Janji” untuk Pemilu 2024

By Afif Khoirul M, Sabtu, 2 Desember 2023 | 10:44 WIB

Ilustrasi - Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Intisari-online.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berhasil meraih dua penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Atas kegiatan nonton film bareng serentak oleh santri dan mahasiswa terbanyak.

Film yang ditonton adalah Kejarlah Janji, sebuah film yang bercerita tentang pentingnya menepati janji dan tidak menyebarkan berita yang tidak baik dalam pemilu.

Kegiatan nonton film bareng ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat.

Khususnya generasi milenial dan pemilih pemula, gen Z, termasuk para santri di pesantren.

KPU ingin membangun kesadaran bersama untuk menciptakan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, mengajak pemilih menggunakan hak pilihnya dengan bijak, melawan politik uang, politik identitas dan SARA, serta membangun sikap toleransi.

Tahap pertama nonton film bareng telah dilaksanakan bertepatan dengan Hari Santri tanggal 22 Oktober 2023 di 38 provinsi dan 460 pesantren serta ditonton kurang lebih oleh 119.767 santri.

Kemudian pada 28 Oktober 2023, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Nonton film bareng dilaksanakan serentak di 36 provinsi dan 435 perguruan tinggi serta ditonton kurang lebih 216.765 mahasiswa.

Piagam penghargaan MURI diterima langsung oleh Ketua KPU, Hasyim Asya’ri dari perwakilan MURI, Sri Widyati di Kota Semarang, Sabtu (28/10/2023).

“Film ‘Kejarlah Janji’ sangat kuat dalam menyampaikan pesan, hiburan, dan informasi kepada masyarakat secara luas, terutama untuk generasi milenial dan pemilih pemula, gen Z, termasuk para santri di pesantren. KPU ingin berinteraksi dengan teman-teman mahasiswa, agar sama-sama memahami suasana kontestasi pemilu,” ujar Hasyim.

Baca Juga: KPU Ubah Aturan Debat Terkait Pilpres 2024, Tak Ada Debat Khusus Cawapres?