Find Us On Social Media :

Apa yang Seharusnya Dilakukan Orang yang Dianggap Ulil Albab dalam Menghadapi Beragam Peristiwa Alam Semesta?

By Ade S, Selasa, 28 November 2023 | 13:03 WIB

Ilustrasi. Apa yang seharusnya dilakukan orang yang dianggap Ulil Albab dalam menghadapi beragam peristiwa alam semesta? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah mendengar istilah Ulil Albab?

Istilah ini sering muncul dalam Al-Qur'an sebagai sebutan bagi orang-orang yang berakal dan berfikir.

Namun, apa yang seharusnya dilakukan orang yang dianggap Ulil Albab dalam menghadapi beragam peristiwa alam semesta?

Apakah mereka hanya sekadar mengagumi kebesaran Allah SWT atau juga berusaha mencari hikmah dan pelajaran dari setiap fenomena alam?

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang pengertian Ulil Albab dalam Islam dan apa yang seharusnya dilakukan orang yang dianggap Ulil Albab dalam menghadapi beragam peristiwa alam semesta.

Pengertian Ulil Albab

Ulil Albab adalah orang-orang yang memiliki akal yang murni dan berfungsi dengan baik serta betul-betul mampu untuk menggunakan akal dan pikirannya guna memahami fenomena alam sehingga dirinya mampu untuk memahami fenomena-fenomena alam sampai pada bukti-bukti tentang keesaan dan kekuasaan Sang Maha Pencipta (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI & Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2010).

Kata ulil albab terdapat dalam Al-Qur'an sebanyak 16 kali.

Salah satu makna ulil albab dalam terjemahan Al-Qur’an adalah orang-orang yang berakal.

Hal ini dapat dilihat dalam Surah Ali Imran ayat 190-191, yang berbunyi:

Artinya: “Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Ali-‘Imran: 190-191).

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menjelaskan tentang ciri-ciri orang yang berakal (ulil albab). Berikut adalah ciri-cirinya: