Find Us On Social Media :

Mengapa Benteng Fort Rotterdam Didirikan di Dekat Pantai?

By Ade S, Senin, 27 November 2023 | 11:03 WIB

Ilustrasi. Simak sejarah dan alasan mengapa Benteng Fort Rotterdam didirikan di dekat pantai. Artikel ini akan mengungkap fakta-fakta menarik tentang benteng ini.

Intisari-Online.com - Apakah kamu pernah berkunjung ke Benteng Fort Rotterdam? Atau mungkin kamu pernah mendengar namanya?

Benteng ini adalah salah satu situs bersejarah yang ada di Kota Makassar.

Tapi, tahukah kamu mengapa Benteng Fort Rotterdam didirikan di dekat pantai?

Untuk menemukan jawabannya, mari kita simak artikel berikut ini.

Sejarah Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam sebelumnya adalah warisan Kerajaan Gowa-Tallo yang bernama Benteng Jumpandang atau Benteng Ujung Pandang.

Benteng ini awalnya dibuat dari tanah liat. Namun, pada 1634 kemudian diubah menjadi batu padas dari Pegunungan Karst di Maros.

Benteng Ujung Pandang ini akhirnya rusak parah karena diserang oleh VOC yang dipimpin oleh Cornelis J. Speelman antara 1655-1669.

Saat itu, Kerajaan Gowa-Tallo yang dipimpin oleh Sultan Hasanuddin, harus menyerahkan Benteng Ujung Pandang kepada Belanda.

Penyerahan ini adalah bagian dari Perjanjian Bongaya yang harus ditandatangani Sultan Hasanuddin setelah kalah dalam Perang Makassar.

Setelah dikuasai oleh Belanda, Benteng Ujung Pandang kemudian diubah namanya menjadi Benteng Fort Rotterdam, sesuai nama tempat lahir Speelman.

Baca Juga: Upaya Apa yang Dapat Dilakukan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Tempat Tinggal Sekitar?