Find Us On Social Media :

Sekali Lagi Tentang Plastik: Tips Memilih Wadah Plastik

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 1 Januari 2017 | 13:33 WIB

Sekali Lagi Tentang Wadah Plastik: Tips Seputar Plastik

Intisari-Online.com - Warna dan bentuk yang menarik, ringan, dan tidak mudah pecah menyebabkan plastik menjadi pilihan favorit sebagai wadah penyimpan makanan dan minuman. Hal ini tidak menjadi masalah selama kita memilih plastik yang benar-benar aman digunakan sebagai wadah makanan dan minuman.

(Percuma Jika Konsumsi Makanan Sehat yang Disimpan dalam Wadah Plastik?)

Berikut ini tips seputar plastik yang bisa dijadikan acuan,

* Teliti saat memilih wadah plastik yang akan digunakan sebagai wadah makanan dan minuman.

* Pastikan bahwa produk tersebut dibuat oleh perusahaan yang terpercaya, memiliki integritas, kredibilitas, serta berkomitmen untuk membuat produk yang aman bagi konsumen.

* Pastikan bahwa produk tersebut menggunakan standar keamanan dan kesehataan (food grade) dan mencantumkan logo FOOD GRADE (gambar gelas dan garpu).

* Gunakan wadah sesuai intruksi dan fungsi pemakaiannya agar tidak membahayakan kesehatan.

* Bawalah wadah makanan sendiri dari rumah ketika membeli makanan di luar rumah, misalnya ke toko makanan, toko kue, supermarket, dan lain-lain.

(Memilih Wadah Plastik Secara Bijak)

* Rawatlah wadah makanan kemasan plastik agar awet dan aman untuk digunakan berulang-ulang.

* Agar terhindar dari aroma makanan yang tertinggal dalam wadah, gunakan koran yang telah dibasahi dan tutup wadah tersebut. Diamkan selama beberapa jam, lalu bilas dengan air bersih. Untuk aroma yang tidak terlalu kuat, gunakan jeruk lemon saat mencuci. Simpan wadah dan tutupnya terpisah.

* Untuk mengurangi noda makanan yang menempel pada wadah, segera bersihkan wadah dari sisa-sisa makanan setelah habis dikonsumsi. Gunakan lap yang mampu menyerap minyak dan noda yang tersisa, cuci bersih. Bis apula menggunakan soda kue untuk menghilangkan noda.