Find Us On Social Media :

Arti Penting Kewirausahaan, Benarkah Mampu Tingkatkan Kesejahteraan?

By Ade S, Selasa, 7 November 2023 | 06:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini membahas arti penting kewirausahaan dalam perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Simak fakta dan contoh kewirausahaan di Indonesia.

Intisari-Online.com - Mungkin Anda terinspirasi oleh kisah sukses para pengusaha yang memulai usaha dari nol hingga menjadi besar.

Namun, tahukah Anda bahwa menjadi wirausahawan tidak hanya bermanfaat bagi diri Anda sendiri, tetapi juga bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat?

Inilah arti penting kewirausahaan yang perlu Anda ketahui.

Kewirausahaan: Pengertian

Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang memiliki nilai tambah dalam bidang ekonomi.

Kewirausahaan berasal dari dua kata, yaitu wira yang berarti pria atau mandiri dan usaha yang artinya sebuah kegiatan dengan menggunakan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut Investopedia, wirausaha adalah individu yang mampu membuat bisnis sendiri, menanggung sebagian besar risiko dan juga menikmati keuntungan dari usaha yang dibangunnya.

Sementara itu, pengertian kewirausahaan adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Wirausahawan biasanya dianggap sebagai inovator.

Inovator bukan berarti harus menemukan sesuatu yang baru. Tetapi bisa diartikan sebagai seseorang yang mampu memecahkan masalah, dalam hal ini masalah terkait bisnis.

Kewirausahaan: Peran dan Manfaat

Kewirausahaan memiliki peran kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Baca Juga: Bermodal Rp85 Ribu, Remaja Ini Sukses Berbisnis dari Toilet Sekolah dengan Omzet Rp19,7 Juta Per Minggu, Idenya Sederhana