Find Us On Social Media :

Pengertian Konstitusi dalam Arti Sempit, Lengkap dengan Arti Luasnya

By Ade S, Kamis, 12 Oktober 2023 | 07:03 WIB

Ilustrasi. Apa itu konstitusi? Artikel ini akan menjelaskan pengertian konstitusi dalam arti sempit dan luas, serta contoh-contohnya. Baca selengkapnya di sini.

Intisari-Online.com - Konstitusi adalah salah satu istilah yang sering kita dengar dalam konteks negara dan pemerintahan.

Namun, apakah kita benar-benar memahami apa arti dari konstitusi? Apakah konstitusi sama dengan undang-undang dasar? Bagaimana konstitusi dibuat dan diterapkan?

Artikel ini akan membahas pengertian konstitusi dalam arti sempit dan luas, serta memberikan contoh-contoh dari masing-masing arti tersebut.

Dengan membaca artikel ini, kita akan lebih mengerti tentang konstitusi sebagai dasar penyelenggaraan negara.

Arti umum konstitusi

Konstitusi dapat didefinisikan sebagai kumpulan ketentuan dan aturan yang mengatur sistem pemerintahan suatu negara (termasuk undang-undang dasar dan lain-lain).

Konstitusi juga bisa diartikan sebagai undang-undang dasar yang menjadi landasan hukum negara.

Menurut Encyclopaedia Britannica, konstitusi adalah dokumen yang berisi doktrin dan praktik yang membentuk prinsip-prinsip dasar organisasi negara politik.

Sumber lain, Kiddle.co, menyebutkan bahwa konstitusi suatu negara (atau negara bagian) adalah jenis dokumen hukum khusus yang menjelaskan cara kerja pemerintahannya.

Secara sederhana konstitusi menetapkan hal-hal seperti:

Baca Juga: Bagaimana Sejarah Terbentuknya Konstitusi Indonesia? Ini Penjelasannya