Find Us On Social Media :

Sosok Ini Buka-bukaan Apa Yang Terjadi Dengan Ahmad Yani Sebelum Peristiwa G30S

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 2 Oktober 2023 | 12:28 WIB

Amelia Ahmad Yani menceritakan detik-detik yang terjadi sebelum Gerakan 30 September 1965.

Amelia Ahmad Yani menceritakan detik-detik yang terjadi sebelum Gerakan 30 September 1965.

Intisari-Online.com - Jenderal Ahmad Yani menjadi salah satu korban penculikan Gerakan 30 September 1965 yang tewas sebelum dibawa ke Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Terkait detik-detik menjelang kejadian itu, anak ketiga Ahmad Yani, Amelia Ahmad Yani, bercerita soal yang terjadi ketika itu.

Menurutnya, sebelum kejadian itu, jenderal kelahiran Purworejo, Jawa Tengah, itu sempat menghabiskan waktu bersama dirinya dan adik-adiknya.

Amelia mengatakan sang ayah mengajak dirinya dan adik-adiknya untuk ikut bersamanya ke Istana Negara pada 5 Oktober 1965.

5 Oktober adalah peringatan Hari Tentara Indonesia (TNI).

Rencana, dalam peringatan Hari TNI itu akan diadakan pagelaran pameran Panser yang baru saja dibeli dari London, Inggris.

“Bapak itu ngomong begini, ‘Engko tanggal 5 Oktober (1965), kabeh melu bapak ke Istana, nggak usah sekolah, ada arak-arakan.' Seneng banget hari itu,” katanya dalam wawancara eksklusif yang dikutip dari YouTube Tribunnews, Minggu (1/10/2023).

Kemudian, setelah mengabarkan hal tersebut, Amelia mengatakan ayahnya pamit untuk bermain golf dan baru pulang ke rumah pada sore harinya.

Lalu pada momen yang sama, Amelia tengah bercengkerama dengan taruna yang akan bertugas dalam peringatan Hari TNI.

Ketika Ahmad Yani datang, para taruna tersebut pun langsung berdiri dan memberikan hormat kepadanya.

“(Ahmad Yani berkata ke taruna) senang ya sama adik-adik, silahkan aja. Mereka (anak Ahmad Yani) memang paling suka taruna,” ujarnya.