Find Us On Social Media :

Pernah Jadi Anggota Volksraad, Sosok Pentolan PKI Ini Terlibat Dalam Pemberontakan Madiun

By Afif Khoirul M, Senin, 25 September 2023 | 17:15 WIB

Dua dedengkot PKI sosok Muso dan Alimin.

Intisari-online.com - Muso adalah salah satu tokoh komunis Indonesia yang memiliki peran penting dalam sejarah pergerakan nasional.

Ia lahir pada tahun 1897 di Kediri, Jawa Timur, dari keluarga petani miskin.

Ia tidak sempat menyelesaikan pendidikannya di sekolah Belanda karena terlibat dalam aksi protes terhadap pemerintah kolonial.

Kemudian bekerja sebagai buruh pabrik gula dan menjadi aktivis serikat buruh.

Pada tahun 1914, ia bergabung dengan Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV), organisasi sosialis pertama di Indonesia yang dipimpin oleh Henk Sneevliet.

Ia menjadi salah satu pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1920, bersama dengan Tan Malaka, Alimin, dan Semaun.

Kemudian juga menjadi anggota Volksraad, dewan perwakilan rakyat yang dibentuk oleh pemerintah Hindia Belanda, pada tahun 1927.

Muso adalah salah satu tokoh komunis yang paling radikal dan militan.

Ia mengadvokasi penggunaan kekerasan dan pemberontakan bersenjata untuk mencapai kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. 

Kemudian terlibat dalam berbagai aksi mogok dan demonstrasi yang menentang kebijakan ekonomi dan politik kolonial.

Juga menjadi salah satu pemimpin Pemberontakan Banten pada tahun 1926, yang merupakan salah satu pemberontakan komunis terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Sosok Mbah Panut, Anggota Polres Bantul Tertua Itu Akhirnya Menikah Tahun Ini, Begini Perjalanan Kisah Cintanya