Find Us On Social Media :

Alhamdulillah, Siswa SD Sampai SMA Bisa Dapat BLT KIP Hingga Rp1 Juta September 2023 Jika Terdaftar Pada Link Berikut Ini

By Afif Khoirul M, Jumat, 22 September 2023 | 19:30 WIB

Siswa SD hingga SMA bisa dapat BLT hingga Rp1 Juta jika terdaftar link ini.

Intisari-online.com - Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program pemerintah yang memberikan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal maupun non formal.

Salah satu bentuk bantuan PIP adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kartu Indonesia Pintar (KIP).

BLT KIP adalah bantuan uang tunai yang diberikan kepada peserta didik pemegang KIP untuk meringankan biaya personal pendidikan, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Besaran BLT KIP bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik, yaitu:

- Rp 450.000 per tahun untuk peserta didik tingkat SD

- Rp 750.000 per tahun untuk peserta didik tingkat SMP

- Rp 1.000.000 per tahun untuk peserta didik tingkat SMA/SMK

BLT KIP akan disalurkan melalui rekening bank atau lembaga keuangan lainnya yang ditunjuk oleh pemerintah.

Untuk mendapatkan BLT KIP, peserta didik harus terdaftar dalam sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.

Untuk mengecek apakah peserta didik berhak mendapatkan BLT KIP, dapat mengunjungi laman SIPINTAR Enterprise dan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom pencarian.

Baca Juga: Alhamdulillah, Cuma Dengan Input NIK ke Link Ini Pekerja Dapat BLT Rp 3 Juta Cair September 2023