Find Us On Social Media :

Astaga! Gempa M 5,7 Guncang Pulau Karatung, BMKG Ungkap Lempeng Penyebab Gempa

By Afif Khoirul M, Jumat, 8 September 2023 | 11:30 WIB

Gempa bumi di Pulau Karantung Sulawesi Utara, berkekuatan M 5,7 pada 8 September 2023.

Intisari-online.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Pulau Karatung, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, pada Kamis (8/9/2023) pukul 08.13 WIB.

Gempa tersebut terjadi akibat aktivitas tektonik di lempeng Filipina dan lempeng Eurasia yang saling bertumbukan di wilayah tersebut.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut pada kedalaman 10 km, sekitar 27 km arah barat laut Pulau Karatung.

Gempa ini dirasakan oleh warga di Pulau Karatung dengan skala intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity), yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seperti ada truk berlalu.

BMKG juga menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Hal ini karena lokasi pusat gempa yang jauh dari pantai dan kedalaman gempa yang dangkal.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini.

Namun, pihak-pihak terkait seperti BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Basarnas (Badan SAR Nasional), dan Tagana (Taruna Siaga Bencana) tetap siaga untuk melakukan penanganan jika diperlukan.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia, karena negara ini berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari pemerintah dan instansi terkait dalam menghadapi bencana gempa bumi.

Baca Juga: Arti Mimpi Gempa Bumi di Rumah, Benarkah Kita Bakal Sangat Bersyukur?