Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Makhluk Hidup untuk Tetap Lestari Hidup di Permukaan Bumi?

By Ade S, Selasa, 5 September 2023 | 07:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini menjelaskan bagaimana cara makhluk hidup untuk tetap lestari hidup di permukaan bumi dengan berbagai contoh dan manfaatnya.

Intisari-Online.com - Bumi adalah rumah bagi jutaan makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, hingga mikroorganisme.

Namun, apakah kita sadar bahwa keberadaan makhluk hidup ini terancam oleh berbagai faktor, seperti perubahan iklim, polusi, pembangunan, perburuan, dan sebagainya?

Lalu, bagaimana cara makhluk hidup untuk tetap lestari hidup di permukaan bumi?

Jawabannya adalah dengan melakukan pelestarian makhluk hidup.

Pelestarian makhluk hidup adalah usaha untuk menjaga keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem agar tetap berfungsi dengan baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara pelestarian makhluk hidup yang dapat dilakukan oleh manusia dan manfaatnya bagi kehidupan di bumi.

Cara Pelestarian Makhluk Hidup

Ada banyak cara pelestarian makhluk hidup yang dapat dilakukan oleh manusia, baik secara individu maupun bersama-sama. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

- Menyirami dan memberi pupuk pada tumbuhan

Tumbuhan adalah sumber oksigen, pangan, obat-obatan, dan bahan industri bagi manusia dan hewan. Dengan menyirami dan memberi pupuk pada tumbuhan, kita dapat membantu mereka tumbuh subur dan sehat.

Selain itu, kita juga dapat menanam pohon di lahan kosong atau hutan gundul untuk mencegah erosi tanah dan menyerap karbon dioksida.

Baca Juga: Bagaimana Proses Pembentukan Bumi? Ini 5 Hipotesa yang Berlaku