Find Us On Social Media :

Pertempuran Surabaya, Perlawanan Heroik Rakyat Indonesia Melawan Agresi Belanda.

By Afif Khoirul M, Sabtu, 2 September 2023 | 10:40 WIB

Pertempuran surabaya.

Intisari-online.com - Pertempuran Surabaya adalah salah satu peristiwa bersejarah yang menunjukkan semangat juang rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda yang ingin merebut kembali Indonesia setelah Jepang menyerah kepada Sekutu pada Perang Dunia II.

Pertempuran ini terjadi pada 27 Oktober hingga 20 November 1945 di kota Surabaya, Jawa Timur, dan melibatkan pasukan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Bung Tomo, serta pasukan Kekaisaran Britania dan Angkatan Darat India Britania yang mendapat dukungan dari tentara Belanda.

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Latar belakang pertempuran ini adalah

ketidaksepakatan antara pihak Indonesia dan pihak Sekutu mengenai status kemerdekaan Indonesia.

Pihak Sekutu menganggap bahwa Indonesia masih berada di bawah kekuasaan Belanda, sedangkan pihak Indonesia menolak untuk tunduk kepada Belanda lagi.

Pihak Sekutu juga ingin mengambil alih senjata-senjata yang ditinggalkan oleh Jepang, sedangkan pihak Indonesia ingin mempertahankan senjata-senjata tersebut untuk mempertahankan kemerdekaan mereka.

Pertempuran ini dimulai ketika pasukan Britania mendarat di Surabaya pada akhir Oktober 1945 dan mencoba untuk mengambil alih kota tersebut.

Pada 27 Oktober 1945, terjadi bentrokan antara pasukan Britania dan pasukan Indonesia di Jembatan Merah, yang mengakibatkan korban jiwa dari kedua belah pihak.

Pada 28 Oktober 1945, terjadi perundingan antara komandan pasukan Britania, Brigadir A.W.S. Mallaby, dan perwakilan pemerintah Indonesia, Moehammad Jasin.

Namun, perundingan ini gagal mencapai kesepakatan, karena pihak Britania menuntut agar pihak Indonesia menyerahkan senjata-senjata mereka, sedangkan pihak Indonesia menolak untuk melakukannya.

Baca Juga: Apa Akar Masalah Hingga Muncul Peristiwa G30S PKI pada Tahun 1965?