Find Us On Social Media :

Banyak Penerima Bansos PKH Tahap 3 2023 Tapi Belum Menerima Bantuan, Lakukan Cara Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 31 Agustus 2023 | 18:30 WIB

Kemensos berikan penjelasan mengapa bansos PKH tak kunjung cair.

Intisari-online.com - Bantuan sosial atau Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan miskin di Indonesia.

Bansos PKH diberikan dalam bentuk uang tunai dengan nominal yang bervariasi sesuai dengan kategori penerima, yaitu ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas berat, dan lanjut usia.

Pada tahun 2023, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) untuk mendapatkan Bansos PKH.

Penyaluran Bansos PKH dilakukan dalam empat tahap, yaitu tahap 1 pada Januari-Maret, tahap 2 pada April-Juni, tahap 3 pada Juli-September, dan tahap 4 pada Oktober-Desember.

Namun, banyak KPM yang mengeluhkan bahwa mereka belum menerima Bansos PKH tahap 3 hingga saat ini.

Padahal, pencairan Bansos PKH tahap 3 seharusnya sudah dimulai sejak awal Juli.

Lalu, apa penyebabnya?

Menurut penjelasan Kemensos, ada beberapa faktor yang menyebabkan pencairan Bansos PKH tahap 3 belum bisa dilakukan secara merata.

Berikut adalah beberapa faktornya:

- Adanya aturan baru dari Kemensos yang mengatur bahwa pencairan Bansos PKH tahap 3 melalui Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, dan BTN) dilakukan per dua bulan, yaitu Juli dan Agustus.

Hal ini berbeda dengan pencairan melalui PT Pos Indonesia yang tetap dilakukan per tiga bulan.

Baca Juga: Bismillah Dapat Rezeki Rp400.000, Begini Cara Cek Apakah Kamu Penerima Bansos BPNT 2023 Atau Tidak