Find Us On Social Media :

Apa Akar Masalah Hingga Muncul Peristiwa G30S PKI pada Tahun 1965?

By Ade S, Jumat, 1 September 2023 | 18:03 WIB

Artikel ini membahas apa akar masalah hingga muncul peristiwa G30S PKI pada tahun 1965 yang menewaskan tujuh perwira TNI Angkatan Darat.

Intisari-Online.com - Peristiwa G30S PKI pada tahun 1965 merupakan salah satu momen paling tragis dalam sejarah Indonesia.

Peristiwa ini mengakibatkan kematian tujuh perwira TNI Angkatan Darat yang diberi gelar Pahlawan Revolusi.

Namun, apa akar masalah hingga muncul peristiwa G30S PKI yang mengguncang bangsa ini?

Apa motif dan latar belakang dari aksi penculikan dan pembunuhan yang dilakukan oleh PKI? Bagaimana dampak dan akibat dari peristiwa ini bagi Indonesia?

Dalam artikel ini, kita akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengulas berbagai sumber dan fakta yang ada.

Latar Belakang Peristiwa G-30-S

Menurut sumber dari Kompas.com, 30 September 2020, peristiwa G-30-S dipicu oleh tuduhan PKI terhadap sejumlah perwira TNI Angkatan Darat yang disebut akan melakukan makar terhadap Presiden Soekarno melalui Dewan Jenderal.

PKI mengklaim bahwa mereka bertindak untuk menyelamatkan Republik Indonesia dari gerakan subversif Dewan Jenderal yang diduga disponsori oleh CIA dan bermaksud menggulingkan pemerintahan Soekarno.

Sumber lain dari Kompas.com, 28 September 2022, menyebutkan bahwa PKI mendapat informasi tentang rencana kudeta Dewan Jenderal dari simpatisan mereka di militer.

Rencana itu dikaitkan dengan pengerahan pasukan dari daerah yang didatangkan ke Jakarta dalam rangka peringatan HUT ABRI pada 5 Oktober 1965.

Baca Juga: Apa Latar Belakang Peristiwa di Surabaya pada 10 November 1945?