Find Us On Social Media :

ICW Temukan 12 Caleg Mantan Terpidana Korupsi, KPU Didesak Segera Umumkan Status Mereka

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 19:41 WIB

ICW mendesak KPU untuk mengumumkan nama-nama caleg yang pernah terjerat kasus pidana korupsi.

ICW mendesak KPU untuk mengumumkan nama-nama caleg yang pernah terjerat kasus pidana korupsi.

InitsaiIndonesia Corruption Watch (ICW) baru saja mengumumkan 12 nama caleg yang pernah terjerat kasus pidana korupsi.

Karena itulah, ICW mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mengumumkan nama-nama mereka secara resmi.

ICW juga menyebut KPU terkesan menutup-nutupi status para mantan korupsi yang mencalonkan diri sebagai caleg.

Padahal, Ketua KPU pernah menjanjikan akan mengumumkannya.

"Ini terkonfirmasi dari pernyataan salah satu anggotanya yaitu Idham Holik yang menyatakan bahwa tidak ada perintah dalam Undang-undang untuk mengumumkan status mantan terpidana para bakal calon legislatif," kata Kurnia dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2023).

"Pernyataan ini justru bertolak belakang dengan janji ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari yang pada akhir Juli lalu menyatakan bahwa mantan terpidana korupsi yang didaftarkan sebagai bacaleg akan diumumkan saat penetapan DCS (daftar caleg sementara)," ujarnya lagi.

Menurut ICW, masyarakat akan kesulitan untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap DCS jika KPU tidak menyertakan status mantan terpidana korupsi tersebut.

Terlebih, Kurnia mengatakan, informasi mengenai daftar riwayat hidup para bakal caleg juga tidak disampaikan di laman KPU.

"Padahal hasil survei jajak pendapat yang dipublikasikan oleh Litbang Kompas menunjukkan bahwa sebanyak 90,9 persen responden tidak setuju mantan napi (narapidana) korupsi maju sebagai caleg dalam Pemilu," katanya.

Kurnia mengatakan, pada Pemilu 2019 lalu langkah KPU sudah sangat progresif karena mengumumkan daftar nama caleg yang berstatus sebagai mantan terpidana korupsi.

Oleh karena itu, langkah KPU saat ini yang belum mengumumkan status caleg mantan terpidana korupsi dinilai sebagai sebuah kemunduran dan tanda tak memiliki komitmen antikorupsi.