Find Us On Social Media :

Apakah Makna Penting yang Ada Dalam Praktik Gotong Royong?

By Ade S, Kamis, 24 Agustus 2023 | 07:03 WIB

Puluhan warga Desa Sri Rejosari, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Lampung, bergotong royong memindahkan rumah milik salah seorang warga dari satu tempat ke tempat lain, Minggu (21/1/2014). Gotong royong adalah tradisi yang mengandung nilai-nilai luhur bagi bangsa Indonesia. Apakah makna penting yang ada dalam praktik gotong royong?

Intisari-Online.com - Gotong royong adalah salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Gotong royong berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama tanpa mengharapkan imbalan.

Apakah makna penting yang ada dalam praktik gotong royong?

Artikel ini akan menjelaskan pengertian, tujuan, manfaat, nilai, dan karakteristik gotong royong serta contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengetahui makna penting gotong royong, kita dapat lebih menghargai dan melestarikan tradisi ini sebagai warisan budaya bangsa.

Pengertian Gotong Royong

Gotong royong adalah suatu bentuk kerja sama antara anggota-anggota suatu komunitas untuk menyelesaikan pekerjaan atau masalah yang dihadapi bersama-sama dengan sukarela dan tanpa membedakan status sosial.

Gotong royong juga merupakan salah satu nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila, yaitu sila ketiga tentang persatuan Indonesia.

Selain itu, gotong royong mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia yang mengutamakan kebersamaan, kesejahteraan bersama, dan solidaritas sosial.

Tujuan Gotong Royong

Gotong royong memiliki beberapa tujuan, antara lain:

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Gotong Royong? Ini Penjelasan dengan Beberapa Jenisnya