Find Us On Social Media :

Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 12 Agustus 2023 | 15:17 WIB

Kerajaan Samudera Pasai disebut sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia. Hikayat Raja-raja menjadi salah satu manuskrip peninggalan kerajaan ini.

Kerajaan Samudera Pasai disebut sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia. Hikayat Raja-raja menjadi salah satu manuskrip peninggalan kerajaan ini.

Intisari-Online.com - Ketika di Jawa tengah berkuasa Kerajaan Majapahit yang bercorak Hindu, di belahan pulau lain, tepatnya Sumatera, telah berdiri kerajaan bercorak Islam, Kerajaan Samudera Pasai.

Kerajaan Samudera Pasai disebut sebagai kerajaan Islam pertama di Nusantara, di Indonesia.

Kerajaan ini didirikan oleh pada 1267 oleh Meurah Silu yang setelah memeluk agama Islam berganti menjadi Malik Al Saleh.

Gelarnya, Sultan Malik As Saleh.

Sultan Malik memerintah pada 1285 hingga 1297.

Pada masa pemerintahannya, dia didatangi seorang musafir dari Venetia (Italia) pada 1292 yang bernama Marcopolo.

Melalui catatan Marcopolo inilah diketahui bahwa raja Samudera Pasai bergelar Sultan. Wilayah kerajaan menjadi daerah di nusantara yang pertam kali dikunjungi oleh para pedagang dan pelayar.

Hal ini dikarenakan, letaknya yang strategis di jalur perdagangan internasional, yakni di pesisir utara Sumatera, tepatnya di dekat Kota Lhokseumawe, Aceh.

Kerajaan Samudera Pasai berhasil mencapai puncak kejayaan pada pemerintahan Sultan Mahmud Malik Az Zahir atau Sultan Malik al Tahir II (1326-1345).

Samudera Pasai Mencapai Kejayaan

Di bawah pemerintahan Sultan Mahmud Malik Az Zahir, Samudera Pasai berkembang menjadi pusat perdagangan internasional.