Find Us On Social Media :

Mengungkap Jejak-jejak Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Menyimpan Misteri

By Afif Khoirul M, Selasa, 8 Agustus 2023 | 07:40 WIB

Gambar Candi Sukuh, salah satu peninggalan Majapahit di Jawa Tengah.

Intisari-online.com - Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan Hindu-Budha terbesar dan terkuat di Nusantara yang berdiri pada abad ke-13 hingga ke-15 Masehi.

Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk yang berhasil menguasai hampir seluruh wilayah Indonesia saat ini, serta sebagian wilayah Asia Tenggara.

Namun, setelah kematiannya, kerajaan ini mengalami kemunduran dan keruntuhan akibat berbagai faktor, seperti perebutan takhta, perang saudara, pengaruh Dinasti Ming, dan penyebaran Islam.

Meskipun telah runtuh, kerajaan Majapahit meninggalkan banyak jejak peninggalan berharga yang masih bisa ditemukan hingga saat ini.

Peninggalan-peninggalan ini berupa candi, prasasti, arca, relief, kitab, dan artefak lainnya yang menyimpan banyak misteri dan cerita di baliknya.

Berikut adalah beberapa contoh jejak peninggalan kerajaan Majapahit yang menarik untuk diketahui:

Candi Tikus.

Candi ini terletak di Kompleks Trowulan, kurang lebih 13 km dari sebelah tenggara Mojokerto.

Candi ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1914 berdasarkan laporan temuan miniatur candi yang berada di pemakaman rakyat oleh bupati Mojokerto, R. A. A. Kromojoyo Adinegoro yang kemudian dilakukan pemugaran secara menyeluruh pada tahun 1984 hingga 1985 M.

Candi Tikus ini diperkirakan dibangun pada abad ke-13 atau 14 M melihat dari miniatur menara yang berada di Candi tersebut.

Miniatur menara sendiri menjadi ciri khas arsitektur pada abad tersebut.

Baca Juga: Perang Saudara Berkepanjangan Jadi Penyebab Kemunduran Kerajaan Demak