Find Us On Social Media :

Kehidupan Sosial Budaya Kerajaan Tarumanegara yang Makmur dan Harmonis

By Ade S, Selasa, 1 Agustus 2023 | 13:03 WIB

Wilayah Kerajaan Tarumanegara. Artikel ini membahas tentang kehidupan sosial budaya Kerajaan Tarumanegara, salah satu kerajaan tertua dan terbesar di Indonesia.

Intisari-Online.com - Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan yang berdiri pada abad ke-4 Masehi di wilayah Jawa Barat.

Kerajaan ini didirikan oleh Maharesi Jayasingawarman, seorang pendatang dari India yang membawa agama Hindu ke nusantara.

Kehidupan sosial budaya Kerajaan Tarumanegara dikatakan maju karena sudah tertata rapi dan telah ada pemanfaatan teknologi untuk menunjang kehidupan.

Artikel ini akan membahas tentang aspek-aspek kehidupan sosial budaya masyarakat Tarumanegara, seperti struktur masyarakat, agama, pemerintahan, pertanian, perdagangan, dan seni budaya.

Asal-Usul dan Kejayaan Kerajaan Tarumanegara

Pada abad ke-4 Masehi, sebuah kerajaan bernama Tarumanegara didirikan oleh Maharesi Jayasingawarman, seorang pendatang dari India.

Kerajaan ini dinamai berdasarkan pohon tarum yang banyak terdapat di wilayah itu.

Jayasingawarman memimpin kerajaan ini dari tahun 358 M hingga 328 M, kemudian ia memilih untuk menjadi seorang pertapa.

Setelah Jayasingawarman, tahta kerajaan diwarisi oleh Dharmayawarman, namun tidak banyak catatan sejarah yang mengungkap tentang masa pemerintahannya (382-395 M).

Sebaliknya, raja ketiga Tarumanegara, yaitu Purnawarman, dikenal sebagai raja yang membawa kerajaan ini ke puncak kemakmuran.

Baca Juga: Kehidupan Politik Kerajaan Mataram Kuno, Termasuk Dipimpin 2 Dinasti